Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Doktor Najam : Momentum Evaluasi Diri


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id.- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM memberikan tausyiah pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, menyampaikan terkadit dengan 9 Qaulan dalam Alquran, yang berlangsung di Mushola Al Muttaaliquun Diskominfotik Prov NTB, Senin (25/09).

Doktor Najam juga mengajak untuk menjadikan peringatan maulid sebagai evaluasi diri, bahwa harus mencoba untuk menata hati, mulut dan perbuatan se-iya, se-kata.

"Hal ini memang berat, tetapi harus bisa dilakukan menjadi sebuah kebudayaan sehingga menjadi kebiasaan, semoga hari ini tausyiah yang saya sampaikan mendatangkan kerbermanfaatan untuk kita semua," ungkapnya. 

Adapun 9 perkataan dalam Al - Quran, yaitu Qaulan Ma'rufa atau perkataan yang baik, Qaulan Sadidan atau perkataan yang tegas dan benar, Qaulan Layyinan atau perkataan yang lemah lembut, Qaulan Maisuran atau perkataan yang pantas, Qaulan Baligha atau perkataan yang membekas pada jiwa, Qaulan Karima atau perkataan yang mulia, Qaulan Tsaqilan atau perkataan yang penuh makna, Ahsanu Qaulan atau perkataan yang terbaik dan Qaulan 'Adzima atau perkataan yang mengandung dosa besar.

"Maka di media sosial, jika orang hanya menggunakannya untuk menumpahkan fitnah, caci maki dan menyebarkan ujaran - ujaran yang justru semakin menjatuhkan manusia dari jalan Allah, maka hal tersebut termasuk jenis Qaulan Adzima yaitu perkataan yang mengandung dosa besar," tuturnya (Surya Ghempar).

Load disqus comments

0 comments