Kodim 1608/Bima Melepas Tukik di Pantai Sori Nehe Kolo


Kota Bima. Media Dinamika Global-id. Kodim 1608/Bima dan seluruh jajarannya melaksanakan kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) dan pembersihan pantai Sorinehe, Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota Kota Bima. Kegiatan ini adalah bagian dari peringatan HUT TNI ke-79 Tahun 2024 yang bertujuan untuk menjaga kelestarian biodata laut dan melindungi ekosistem laut. Rabu, (02/09/24)

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Dandim 1608/Bima Letkol Inf. Andi Lulianto, S.Kom, M.M, Kasdim 1608/Bima Mayor Inf. Asep Okinawa, Asisten II H. Tafsir Majid yang mewakili Pj Walikota Bima, Ketua Persit KCK Cab xxvii Dim Bima Ny.Andi Lulianto dan seluruh perwira jajaran Kodim 1608/Bima, Kapolsek Asakota serta Danpos TNI-AL Bima.

Dalam sambutannya, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Andi Lulianto S.Kom M.M,. mengatakan bahwa kegiatan pelepasan tukik adalah kegiatan sederhana namun bermanfaat bagi kita semua. Dia menambahkan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya dengan hasil bumi lautnya dan seluruh hasil alamnya adalah incaran negara-negara di luar. Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestarian alam kita.

"Dan penyu merupakan salah satu fauna yang harus dilindungi karena populasinya yang terancam punah. Pelepasan Tukik (anak penyu) diharapkan dapat mencegah punahnya habitat penyu karena predator alami maupun manusia,dan yang kita lepas hari ini merupakan jenis penyu hijau"., ucap Dandim.


Pj Walikota Bima diwakili Asisten II H. Tafsir Majid juga mengapresiasi upaya konservasi ini. Dia mengajak masyarakat untuk terus menjaga kelestarian lingkungan kita. Pelepasan tukik ini tidak hanya mencerminkan kepedulian kita terhadap lingkungan, tetapi juga menunjukkan komitmen kita bersama untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Setelah pelaksanaan apel kegiatan, dilanjutkan kegiatan pembersihan pantai kemudian dilanjutkan pelepasan tukik (penyu) yang dipimpin oleh Dandim 1608/Bima Letkol Inf. Andi Lulianto. S.Kom, M.M didampingi oleh Ketua Persit KCK Ny. Andi Lulianto dan Asisten II kota bima.

Kegiatan pembersihan pantai dan pelepasan tukik adalah upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Hal ini dapat dicapai jika semua elemen masyarakat bersatu untuk terus menjaga kebersihan pantai dan mendukung upaya pelestarian satwa-satwa laut yang terancam punah. (MDG 023)

Load disqus comments

0 comments