Penutupan Pelatihan Peningkatan Inovasi Dan Higienitas Sajian Kuliner Kabupaten Bima Budaya Ntumbu Tuta (Adu Kepala) Tahun 2024 Desa Ntori : Momen Penuh Semangat Dan Rasa Kebanggaan

BIMA-Mediadinamikaglobal. id || Pada Minggu 6 Oktober 2024, berlokasi di Objek Wisata Ina Hami Desa Ntori, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Digelar acara penutupan event budaya Ntumbu Tuta (Adu Kepala) yang telah berlangsung sejak Tanggal 4 Oktober 2024. 

Acara berlangsung sejak pagi tadi sekira pukul 08.30 Wita dengan rangkaian acara donor darah massal dan sunatan massal, bekerja sama dengan pihak UTD RSUD Bima dan UPT. Puskesmas Wawo. 

Tamu undangan 

Penutupan Event Budaya ini juga diisi dengan pertunjukan dari berbagai budaya seperti Lepi Wei (Rebut istri) dan Ntumbu Tuta (Adu Kepala) bagi para talent yang telah digelar selama kegiatan. Acara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antarwarga lebih khususnya anak-anak muda. 

Para talent ntumbu tuta (Adu Kepala) 

Acara ini ditutup secara resmi oleh Camat Wawo yang diwakili langsung oleh Sekcam Wawo Maman A. Kadir, S. Sos. 

Para talent gendang dan suling dan ditemani oleh perwakilan Ruma Bicara Asi Kalende

Melalui kesempatan yang berharga ini, Maman A. Kadir, S. Sos selaku Sekcam Wawo menyampaikan ucapan selamat, terimakasih dan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada panitia yang bertugas, Para seniman dan budayawan, serta kepada segenap masyarakat terutama para pemuda Desa Ntori atas terselenggaranya Event Budaya Ntumbu Tuta (Adu Kepala) Tahun 2024 yang sangat meriah dan penuh makna ini. 

" Semoga ikhtiar para pemuda sekalian dalam melestarikan dan mengembangkan Kesenian dan budaya Desa Ntori merupakan wujud partisipasi wujud kebersamaan guna membangun masyarakat Ntori yang hebat dan bermartabat melalui bidang seni, budaya dan pariwisata, " ujarnya.

Pemain seni budaya Ntumbu Tuta (Adu Kepala) 

Kemudian, Putra Jaya Selaku Ketua Pelaksana mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para tetuah, para pembina, keluarga besar Ntori di Jakarta, teman-teman panitia, para donatur dan  para sponsor serta partisipasi masyarakat yang sungguh luar biasa atas sukses terselenggaranya event ini. 

"Tanpa kalian kami bukan apa-apa, sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas waktu dan kerja kerasnya selama ini dalam menyukseskan kegiatan tersebut, " tuturnya. 

Sementara, salah satu pembina PPN Bripka Ahmad, menjelaskan bahwa event ini adalah bentuk komitmen serta tanggungjawab kita semuanya, bukan hanya pemuda sebagai penyelenggara akan tetapi keterlibatan seluruh elemen baik intansi pemerintah kabupaten hingga pemerintah pusat dalam upaya mendorong dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan alam, adat dan budaya serta kearifan lokal sehingga menambah daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk melakukan kunjungan wisata ke Kecamatan Wawo khususnya Wisata Ina Hami Desa Ntori. 

Ahmad juga sangat berharap agar event ini dapat mampu memotivasi segenap masyarakat Desa Ntori khususnya para seniman, budayawan, pemerhati, dan organisasi-organisasi kesenian untuk terus mengembangkan kreasi dan inovasi sekaligus mengaktualisasikan diri melalui aktivitas, dan prestasi seni. 

Lebih lanjut, Ahmad mengatakan bahwa tujuan dari penyelenggaraan event ini dapat menjadi perhatian dan tanggung jawab kita semua, bukan hanya oleh panitia penyelenggara maupun para seniman/budayawan, pemerhati, pelaku wisata dan masyarakat Desa Ntori pada umumnya, melainkan Pemerintah Daerah sehingga Event budaya ini benar-benar menjadi milik masyarakat dan berdampak positif bagi kemajuan daerah dalam wujud peningkatan kunjungan wisatawan dan peningkatan investasi pariwisata serta menumbuhkan pergerakan ekonomi masyarakat di Desa Ntori. 

Kegiatan event ntumbu tuta (Adu Kepala) tahun 2024 dihadiri oleh Camat Wawo yang diwakili Sekcam Wawo Maman A. Kadir, S. Sos, Korwil Dikbudpora Kecamatan Wawo Ismail,S.Pd, Kepala BKPH Maria Donggomassa Kabupaten Bima Ahyar,S.Hut, Kepala Samsat Kota Bima Drs. Aidin, Perwakilan Ruma Bicara Asi Kalende Akang Hazairin Anwar, SE, Kepala Desa Ntori diwakili Sekdes Ntori Ismail, Bhabinkamtibmas Desa Ntori Aipda Jurahman,SH, Babinsa Desa Ntori Sertu Sudirman, Ketua KTH Dana Kala, Para Pembina PPN, tamu undangan dan masyarakat pada umumnya. 

Kegiatan ini disponsori oleh PT. XL Axiata, PT. Djarum dan masyarakat Desa Ntori

Dalam pantauan langsung awak Mediadinamikaglobal  kegiatan event budaya Ntumbu Tuta (Adu Kepala) sangat bermanfaat bagi masyarakat luas dan lebih khusus regenerasi dalam membantu wisatawan mengenal budaya khas suatu daerah, membantu wisatawan memahami sejarah dan filosofi ritual adat yang dipertunjukkan, membantu masyarakat memperkaya pengetahuan tentang seni budaya modern, dan membantu masyarakat melestarikan tradisi lokal. (MDG05)

Load disqus comments

0 comments