Persatuan Pemuda Ntori Gelar Event Budaya Ntumbu Tuta (Adu Kepala) Yang Kedua Tahun 2024

BIMA-Mediadinamikaglobal.id || Event Budaya gelar yang kedua kalinya ditahun 2024 sangat meriah yang diselenggarakan oleh Persatuan Pemuda Ntori (PPN), diadakan selama 3 hari dimulai pada tanggal 4-6 Oktober 2024 berlokasi di objek wisata Ina Hami Desa Ntori, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jum'at (4/10/2024). 

Acara ini berlangsung sangat meriah dengan partisipasi dari berbagai kalangan yang diawali pawai budaya serta dari kehadiran Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima yang diwakili oleh Kabid Promosi Rahmatullah, SH, Camat Wawo diwakili sekcam Wawo Maman A. Kadir, S. Sos, Korwil Dikbudpora Kecamatan Wawo Ismail, S. Pd, Kepala resort BKPH Maria Donggomassa Kecamatan Wawo, Kepala Desa Ntori Algi Syarief, S. Sos, Kapolsek Wawo AKP A. H. Wongso, Danramil 06.1608/Wawo diwakili Serma Supratman, Sekdes Ntori Ismail, Perangkat  Desa Ntori, Ketua BPD Ntori Suryadin AR dan anggota, Bhabinkamtibmas Desa Ntori Aipda Jurahman, SH, Babinsa Desa Ntori Sertu Sudirman, Babintrantibum Desa Ntori Lukman, S. Sos, ketua-ketua RT/RW, Mahasiswa PPL-KKN Tamsis Bima, tamu undangan dan masyarakat umumnya. 

Tamu undangan dan para pemain seni ntumbu tuta (adu kepala) Desa Ntori. 

Dalam kegiatan ini, atraksi yang digelar antara lain : Mpa'a ntumbu tuta (Adu Kepala), buja kadanda (Permainan tombak) dan Mpa'a Manca (Permainan Pedang). Tak hanya itu, pertunjukan  tarian dan mpa'a ntumbu tuta (Adu Kepala) turut memeriahkan suasana, menghadirkan kesan mendalam bagi para penonton yang hadir. Dalam kegiatan ini yang paling sakral yaitu Mpa'a Ntumbu (Adu Kepala) juga merupakan satu-satunya ciri khas kebudayaan Desa Ntori yang tidak dimiliki oleh desa lain baik skala Kabupaten Bima maupun tingkat provinsi. Adapun kegiatan ceremonial yang lain seperti : acara Donor darah massal dan sunatan massal. 

Pemberiaan cindera mata oleh pembina PPN Kepada Muspika Kecamatan Wawo. 

Berbagai jenis stand dari tiap-tiap dusun yang tersedia, seperti : Produk obat-obatan herbal, madu dan bahan bumbu tradisional dan juga tersedia pedagang minuman dan makanan. 

Foto bersama muspika Kecamatan Wawo bersama para pemain ntumbu tuta (adu kepala). 

Ketua Pelaksana Putra Jaya, menyatakan bahwa ini adalah kedua kalinya Persatuan Pemuda Ntori mengadakan event budaya besar ini. 

"Hari ini kita menggelar event budaya Ntumbu tuta (Adu Kepala) dengan antusias masyarakat yang terdiri dari berbagai kalangan. Ucapan terimakasih kepada seluruh yang hadir mulai dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima yang diwakili oleh Kabid Promosi, muspika Kecamatan Wawo, lembaga adat, sanggar kesenian, hingga kalangan masyarakat pada umumnya,"ujarnya.

Suasana pada malam kedua event budaya ntumbu tuta  Tahun 2024 di wisata ina hami Desa Ntori

Dari kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan dan tradisi kebudayaan dari nenek moyang serta mengembangkan UKM masyarakat sekitar. 

"Harapan kedepannya event ini akan berkelanjutan dan dampak kegiatan ini sangat positif bagi regenerasi kedepannya dalam mengembangkan kebudayaan serta kami mengapresiasi atas dorongan pemerintah Desa dalam kegiatan ini, " ungkapnya. 

Penampilan dari akustic "Monggo Brother" Pada malam kedua di wisata Ina hami Event Budaya Ntumbu Tuta (Adu Kepala) Desa Ntori. 

Dalam pantauan langsung awak media, tingkat partisipasi masyarakat sangat besar dalam kegiatan event tahun ini. Sehingga kegiatan ini berjalan sesuai harapan bersama dalam menyukseskan event yang diadakan oleh Persatuan Pemuda Ntori sebagai penyelenggara. 

Kemudian Ismail, S. Pd selaku Korwil Dikbudpora Kecamatan Wawo, mengungkap bahwa sangat tertarik dengan adanya kegiatan event ini juga lokasi yang sangat strategis. 

"Untuk  tahun depan, kami dari intansi Korwil Dikbudpora Kecamatan Wawo siap memberikan dukungan berupa moril maupun materil dalam menunjang event ini. Juga Berjanji dihari ulang tahun pendidikan akan menggunakan tempat wisata inahami sebagai ajang kegiatannya."Tutupnya (MDG05). 

Load disqus comments

0 comments