Potret Kualitas SDM NTB dan Harapan Pada Pemimpin Terpilih

Opini : DR. H. Muhammad Irwan Husain, MP. Dosen Ekonomi Pascasarjana UNRAM

Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id -  tiga komponen yang terdapat dalam IPM yaitu pendidikan dilihat dari Rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah, Kesehatan dilihat dari Usia Harapan Hidup, dan ekonomi dilihat dari pengeluaran perkapita. Bila indeks ini mengalami perkembangan per tahun maka proses pembangunan manusia di daerah tersebut dapat dikatakan berjalan dengan baik.

Rakyat atau Sumber Daya Manusia di Provinsi Nusa Tenggara Barat dilihat dari IPM ini mengalami perkembangan yang positif, karena cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Namun demikian perkembangan ini apakah telah berada pada kriteria Sangat Tinggi, Tinggi, Sedang atau Rendah. Gambaran IPM di Nusa Tenggara Barat berdasarkan kabupaten kota terlihat berikut. 

*Gambaran IPM di Nusa Tenggara Barat berdasarkan kabupaten kota terlihat berikut :*

Gambar 1

Gambar 2

Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui potret kualitas Sumber Manusia di Kabupaten/Kota maupun provinsi Nusa Tenggara Barat. Kabupaten Yang berada di Nusa Tenggara Barat masih berada pada kriteria Sedang terkecuali Kabupaten Sumbawa Barat, Kota Bima dan Kota Mataram sudah tergolong tinggi dan sangat tinggi. Terjadi peningkatan IPM tiap tahun namun peningkatannya relatif kecil atau lambat sementara daerah lain juga ikut berpacu untuk meningkatkan IPMnya.  

Dari tampilan data di atas terlihat kinerja Dari tampilan data di atas terlihat kinerja pemerintah kabupaten/kota maupun provinsi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau penduduk masih butuh perjuangan keras. Dengan kriteria rata-rata yang masih tergolong sedang akan menjadi pertimbangan dari para calon pemimpin yang tengah berkontestasi  PILKADA untuk menjadikan pembangunan manusia dan peningkatan kualitas menjadi skala prioritas.

*Secara kurva rata-rata IPM di NTB terlihat berikut :*

Gambar 3

wawasan dan cara pandang yang luas;

5. Memiliki kualitas bersaing; mental untuk mengembangkan ide dan pikiran;

6. Kuat dan bisa dipercaya; amanah dan bertanggung jawab;

7. Memimilik kemampuan retorika, cakap menyampaikan pesan informasi;

8. Mampu bekerja sama; tidak menonjolkan ego, terbuka menerima masukan dan arahan serta kritikan. 

Semoga kualitas sumber daya manusia Nusa Tenggara Barat akan semakin meningkat dibawah kendali pemimpin yang terpilih dan dipilih oleh rakyat melalui suara hati sanubari. Berdasarkan kriteria dan pertimbangan yang matang dan bukan  karena suara memiliki harga dan nilai tertentu, amiin.

Penulis : DR. H. Muhammad Irwan Husain, MP. Dosen Ekonomi Pascasarjana UNRAM.

Load disqus comments

0 comments