Terapkan Urban Farming, Koramil 1608-03/Sape Panen Perdana Sayuran Kangkung

Sape Bima NTB.Media Dinamika Global.id Terapkan Urban Farming Melalui ketersediaan lahan kosong dihalaman Koramil 1608-03/Sape untuk dijadikan kebun Tanaman Sayur dan Kebun Tanaman Herbal dengan cara menggunakan Polibak dalam rangka menambah peningkatan Gizi Sayur - sayuran di lingkup keluarga besar Koramil 1608-03/Sape.

Hari ini Pantauan awak media dilakukan Panen Perdana untuk tanaman Sayur Kangkung.



Anggota Koramil 1608-03/Sape saat ditemui oleh awak media menyampaikan bahwa Kegiatan Urban Farming adalah bentuk kegiatan bercocok tanam dan beternak di dalam atau sekitar kota untuk mendapatkan bahan pangan dan kebutuhan lain.Urban Farming merupakan solusi untuk mengatasi tantangan ketahanan pangan dan keberlanjutan lingkungan di perkotaan yang padat dan terbatas lingkungannya.

Ia juga menambahkan Urban Farming memiliki beberapa manfaat diantaranya:

- Meningkatkan ketahanan pangan lokal

- Mengurangi ketergantungan pada pasokan pangan dari luar kota

- Mengurangi jejak karbon 

- Memperbaiki kualitas udara 

- Memberikan taman-taman hijau di tengah perkotaan 

- Meningkatkan edukasi masyarakat, terutama anak-anak 

- Berfungsi sebagai sarana rekreasi keluarga 

Bahkan Urban farming juga dapat dilakukan di berbagai tempat, seperti: Atap gedung, Halaman belakang, Lahan kosong, Bahkan di dalam ruangan menggunakan teknologi tertentu. 

Salah satu contoh urban farming adalah menanam sayuran kangkung di botol plastik bekas yang seperti yang dilakukan oleh Keluarga Besar Koramil 1608-03/Sape dan hari ini dilakukan Panen Perdana.

(Arif Sape/MDG.04)

Load disqus comments

0 comments