Termasuk Mobile Legends, Salah Satu Game Ini Disebut Kepsek SMAN 1 Wawo Jadi Pemicu Kenakalan Anak

BIMA-Mediadinamikaglobal. id || Kepala Sekolah SMAN 1 Wawo menyebut, ada beberapa game yang disinyalir pemicu Kenakalan antar anak. 

Kepala Sekolah SMAN 1 Wawo Irwan, S. Pd saat diwawancarai oleh awak media diruang kerjanya. Senin (14/10/2024) sekira pukul 10.15 Wita. 

"Diruang pendidikan yang sempat viral beredar di media sosial, banyak sekali pelaku dan korban kenakalan. Setelah diidentifikasi, ada yang melatarbelakanginya, yakni game  online yang dimainkan oleh mereka sejak lama, " tutur Kepala Sekolah SMAN 1 Wawo. 

Halaman SMAN 1 Wawo

Saat diwawancarai langsung oleh awak media diruangannya, Irwan, S. Pd selaku Kepsek SMAN 1 Wawo mengatakan, setidaknya ada beberapa game online yang diduga kuat jadi pemicu kenakalan anak, seperti yang beredar di medsos saat ini. 

"Alhamdulillah kami disekolah telah menerapkan aturan ketat dan melakukan antisipasi awal kepada para siswa terkait penggunaan HP dalam lingkungan sekolah."ujarnya.

Dari beberapa game itu, beberapa dampak yang akan merugikan anak-anak terutama dalam dunia pendidikan. Seperti Tingkat belajar akan menurun, malas berangkat kesekolah akibat begadang, tidak dapat melakukan aktivitas yang positif dan juga yang tidak kalah pentingnya yakni kesehatan akan terganggu. Hal-hal seperti ini yang bisa berakibat fatal bagi anak-anak. 

"Yang terutama kami akan melakukan sosialisasi pencegahan dan pembinaan terhadap game online, serta pentingnya peran aktif orang tua dalam pengawasan terhadap perkembangan pergaulan anak, " imbuhnya

Maka dari itu, guna mengurangi tingkat kasus kenakalan anak di kalangan dunia pendidikan dan masyarakat, Kepsek SMAN 1 Wawo berupaya melakukan tindakan preventif. 

Salah satunya dengan memberikan seminar edukasi kepada para siswa-siswi di sekolah. 

"Pemecahan masalah yang melibatkan siswa-siswi adalah prioritas kami. Maka dari itu, tak hanya edukasi terhadap anak, tetapi juga kepada orangtua juga kami berikan, " tegasnya. 

Dari pantuan langsung awak media bahwa Penanganan dan pencegahan terhadap kecanduan game online sangat membutuhkan peran penting daripada orangtua, dengan kuncinya adalah orangtua harus terlihat aktif dalam pengawasan pertumbuhan perkembangan anak-anaknya.(MDG05

Load disqus comments

0 comments