Gegara Miliki Sikap Arogansi, Oknum ASN di Bima Dipolisikan


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Tindakan tidak terpuji dan arogansi ditujukan Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) KUA Kecamatan Woha Kabupaten Bima berinisial (NS) berujung dipolisikan.

Sebelum terjadi kegaduhan hingga aksi arogansi Oknum ASN terhadap salah seorang pengurus (Humas) Masjid, usai Sholat Maghrib, ada ceramah agama yang dilakukan oleh Imam Mesjid (CP Lebe) berinisial (AM), namun diakhir ceramahnya mengandung hal yang bernilai Provokatif.

Pasalnya Ceramah Agama yang seharusnya bernilai Islamiyah berubah menjadi bernilai provokasi, bahkan hal ini bukan terjadi kali ini saja, dirinya selalu mengait-ngaitkan persoalan tanah wakaf, dan kali ini didepan para jemaah ia kembali melakukan aksi tidak terpuji tersebut.

Mendengar hal ini, Bustan salah seorang Pengurus (Humas) Masjid Baiturrahman Desa Sie, langsung dimintai respon untuk melakukan klarifikasi terkait dua hal yang disinggung saat Ceramah.

Pertama terkait keaktifan Sekretaris Pengurus Masjid Baiturrahman, memang tidak begitu aktif, namun namanya masih ada sampai saat ini.

Lalu yang kedua, terkait Tanah Wakaf dijelaskannya, dilarang di jadikan jaminan kecuali untuk pembangunan Masjid, dasar rujukannya jelas, berdasarkan hasil rapat pengurus Masjid bulan November 2023, bahwa tanah tersebut dilelang untuk pembangunan Masjid, dan sebagai rujukan pendukung atas hasil rapat tersebut adalah surat ikrar wakaf yang terdaftar di Kantor KUA Kecamatan Monta berbunyi " Satu untuk petugas pengisi air, kedua diperuntukkan untuk pembangunan Masjid",

Disisi lain, Undang-undang Nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf pada pasal 40 mengatakan bahwa "tanah yang sudah di wakafkan dilarang dijadikan jaminan".

Mendengar pernyataan ini, Imam Mesjid (CP Lebe) berinisial AM, langsung merespon dengan mengatakan, "jangan berbicara hukum disini", selain pernyataan yang dilontarkan oleh Imam Mesjid (CP Lebe), pengurus (Humas) Masjid, juga mengalami kekerasan. 

Dirinya mendapat tindakan kasar dari salah satu jamaah yang sempat menunjuk-nunjuk mukanya, mirisnya lagi, Oknum ASN KUA Kecamatan Woha berinisial NS juga terlibat melakukan kekerasan dengan mencekik lehernya, namun dirinya tidak melawan.

Akibat tindakan ini, korban merasa dirugikan dan diperlakukan dengan tidak terhormat, sehingga dirinya melaporkan oknum Aparat Sipil Negara (ASN) KUA Kecamatan Woha ini ke Kapolsek Monta, dan meminta kepada pihak kepolisian Kapolsek Monta agar dapat mempercepat proses upaya penanganan kasus ini, dan memberikan tindakan setegas-tegasnya, agar tidak terulang kembali sikap arogansi yang dilakukan oleh oknum ASN tersebut. (MDG 023)

Continue reading...

STRATEGI PEMBIMBINGAN PTK PAUD DENGAN STRATEGI SUPERVISI DAN JEJARING (SUPER-JEJAR)


STRATEGI PEMBIMBINGAN PTK PAUD DENGAN STRATEGI SUPERVISI DAN JEJARING (SUPER-JEJAR)

                      Oleh:

                 Arifuddin

Asesor dan Penilik PAUD Kabupaten Bima

               PENDAHULUAN

Seiring dengan tuntutan penguatan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang bermutu dan berdaya saing, sehingga seluruh perangkat pendukung layanan PAUD harus terus ditingkatkan untuk mencapai standar mutu salah satunya adalah mutu guru. Guru sangat berperan dalam menentukan proses dan hasil pendidikan, karena seorang guru lebih banyak berinteraksi dengan peserta didik dalam pembelajaran, memahami karakteristik peserta didik, membantu dan mengarahkan peserta didik guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Untuk itu, seorang guru dituntut dan didorong untuk memahami berbagai kompetensi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran serta mendayagunakan faktor pendukung peningkatan mutu pembelajaran itu sendiri.

Disamping itu rendahnya kualifikasi akademik guru PAUD juga menjadi faktor yang menyebabkan rendahnya mutu guru terlihat dari data guru yang memenuhi kualifikasi guru PAUD  yang didominasi oleh tamatan SMA dan Sarjana Non Kependidikan. Masalah fundamental lain berdasarkan temuan dan pengalaman lapangan penulis selama melakukan pemantauan dan pembimbingan sebagai Penilik PAUD dapat diuraikan bahwa pemahaman guru dalam menyusun dan memanfaatkan perangkat pembelajaran rendah, guru belum sepenuhnya menguasai prinsip dan strategi pembelajaran, inovasi rendah, kesejahteraan rendah serta optimalisasi pemanfaataan sumber daya belum banyak dilakukan. Faktor lain yaitu sosialisasi regulasi dan kebijakan PAUD jarang dilakukan, strategi pembimbingan belum efektif, sinergitas dan jejaring kemitraan belum terbangun dengan baik.  

Hal ini menjadi tantangan serius sehingga diperlukan strategi jitu, terpadu, efektif dan berkesinambungan dengan melibatkan semua pihak khususnya Dinas Pendidikan, Penilik dan Organisasi Mitra Himpaudi, IGTKI dan IGRA. Khusus sebagai penilik sebagai pengendali mutu yang dapat memberikan kontribusi dalam mendesain, melaksanakan pemantauan dan pembimbingan dalam meningkatkan mutu guru baik kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik  maupun sosial. 

Permasalahan

Berdasarkan uraian yang ada pada latar belakang masalah di atas, maka masalah yang dijelaskan pada karya nyata ini sebagai berikut:

1. Bagaimanakah implemetasi pembimbingan dengan strategi Jejaring dalam meningkatkan mutu dan karakter guru PAUD? 

2. Bagaimanakah hasil dan dampak dari penerapan pembimbingan dengan strategi Jejaring untuk meningkatkan mutu dan karakter guru PAUD? 

3. Faktor pendukung dan kendala apa saja yang dihadapi dalam melaksanakan kegiatan pembimbingan dengan strategi Jejaring dalam meningkatkan mutu dan karakter guru PAUD?

Strategi Pemecahan Masalah

Strategi pemecahan masalah yang dilakukan yaitu dengan menerapkan pembimbingan dengan strategi Jejaring. Strategi ini dipilih dan diterapkan karena memiliki keunggulan yaitu mudah, efektif, efisien dan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dalam meningkatkan mutu guru PAUD khususnya dalam meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik, meningkatkan karakter serta dapat diterapkan di semua wilayah, sehingga strategi ini menjadi praktek terbaik (best practice) yang dilakukan oleh penilik sebagai pengendali mutu dengan melibatkan guru pembina dan mitra. 

Pembimbingan dengan strategi Jejaring dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan (planning), (2) pengorganisasian (organizing), (3) pelaksanaan (actuating) dan (4) pengendalian (controlling). Supervisi sebagai tupoksi penilik dilakukan melalui kegiatan pemantauan, pembinaan-pembimbingan, penilaian dan pelaporan yang disinergikan dengan strategi Jejaring. 

Untuk mendukung pelaksanaan pembimbingan dengan strategi Jejaring, juga dilaksanakan alternatif pengembangan kegiatan pembimbingan dan pembinaan melalui inovasi kegiatan-kegiatan relevan yang mampu menunjang peningkatan mutu guru PAUD. 

PEMBAHASAN

Strategi Jejaring adalah merupakan satu cara pembimbingan yang dilaksanakan secara terpadu oleh penilik melalui kegiatan supervisi dengan strategi jejaring dengan melibatkan guru pembina dan mitra dan menjadi satu kesatuan yang saling bersinergi dalam upaya peningkatan mutu guru PAUD. Supervisi dilakukan oleh penilik melalui kegiatan pemantauan, pembimbimbingan, pembinaan, evaluasi dan penilaian untuk meningkatkan mutu sesuai dengan Permenpan RB No. 14 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya, kemudian disinergikan dengan strategi jejaring yang dilaksanakan oleh guru pembina dan mitra dibawah pengendalian penilik. Jejaring dilakukan dengan 2 cara yaitu: (1) jejaring guru pembina dan PAUD inti dengan teknik silang (cross) dan rotasi (rotation) dan (2) jejaring gugus, PKG  dan mitra. Jejaring yang dibangun mengikuti alur/peta Gugus PAUD yang ada. Implementasi Strategi Pengelolaan dengan tahapan kegiatan pembimbingan dengan strategi Jejaring dilakukan secara sistematis dengan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. 

Berikut kami uraikan secara detail prosedur kegiatan pembimbingan dengan strategi Jejaring dengan tahapan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian yaitu:

1. Perencanaan (Planning)

Pada tahap ini penilik mengumpulkan data mutu melalui pendekatan supervisi (penilaian dan  pemetaan) sebagai bahan dasar perencanaan untuk mempersiapkan komponen-komponen yang dibutuhkan dalam kegiatan pembimbingan dan sebagai bahan informasi untuk mengetahui kondisi dan keadaan mutu PAUD khususnya mutu guru PAUD. 

Instrumen yang digunakan disusun oleh penilik secara representatif mengacu pada standar PAUD. Kegiatan ini menitikberatkan pada pemetaan mutu guru dan pembelajaran (proses, penilaian dan perkembangan peserta didik) sebagai faktor yang paling dominan diperankan oleh guru sedangkan manajerial digunakan untuk pemetaan mutu manajerial (kelembagaan) PAUD. Namun pada prinsipnya semua standar PAUD memiliki sumbangsih pada peningkatan mutu. Pemetaan dilaksanakan dalam konteks kebutuhan dan pemenuhan standar dengan pelibatan partisipasi guru secara optimal. Untuk itu proses pengumpulan data dan informasi dilakukan secara sistematis, aktual dan menyeluruh, sebagai berikut:

a. Penilik menyusun instrumen supervisi mutu.

b. Mengumpulkan data/profil satuan PAUD dan guru PAUD sebagai informasi dasar baik dari buku profil maupun dari laporan bulanan PAUD.

c. Penilik mengumpulkan bahan dan referensi pembinaan dan pembimbingan. 

d. Penilik mengumpulkan data awal memetakan mutu ke satuan PAUD melalui pendekatan supervisi, dibantu oleh Pengawas TK untuk satuan PAUD layanan TK, dengan metode sebagai berikut:

1) Observasi dan penilaian mutu guru PAUD dengan menggunakan instrumen supervisi yaitu: 

- ISP-A (Standar GTK)

- ISP-B (Standar Proses)

- ISP-C (Standar Penilaian) 

- ISP-D (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan)

2) Wawancara dilakukan untuk menggali data dan informasi lebih detail pada masalah dan kebutuhan (need assement) secara personal. 

3) Diskusi terfokus digunakan untuk generalisasi dan mempertajam informasi dan data yang diperoleh secara kelompok.  

4) Penilik menilai dan mengolah data mutu guru PAUD dengan klasifikasi A (sangat baik), B (baik), C (cukup) dan D (kurang). 

5) Penilik menilai dan mengolah data mutu KBM dengan klasifikasi A (sangat baik), B (baik), C (cukup) dan D (kurang). 

6) Penilik menilai dan mengolah data mutu Satuan PAUD dengan klasifikasi A (sangat baik), B (baik), C (cukup) dan D (kurang. 

7) Penilik menyusun peta mutu hasil penilaian.

8) Penilik menyusun rencana program dan buku pedoman pembimbingan terpadu dengan strategi Jejaring.  

Sebagai tindak lanjut dari hasil pemetaan, penilik mengintegrasikan kedalam pelaksanaan jejaring perencanaan dengan sosialisasi hasil supervisi mutu di tingkat PKG PAUD dengan metode brainstorming (curah pendapat) dan focus group discussion (FGD). 

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian dilakukan berdasarkan hasil kegiatan perencanaan dan supervisi awal sehingga tersusun dan terbentuk hubungan-hubungan kerja antara penilik, guru, pengurus gugus, pengurus PKG PAUD dan mitra sehingga terwujud suatu kesatuan yang terstruktur untuk meningkatkan mutu. Adapun langkah-langkah pengorganisasian yang didilakukan, yaitu menghubungkan beberapa komponen dalam tatanan yang sistematis dan efektif, antara lain: 

a. Penilik menetapkan Guru Pembina semua satuan PAUD 1 (satu) orang dan menetapkan PAUD Inti 2 (dua) PAUD dalam 1 (satu) gugus masing-masing dari Satuan  KB dan TK. 

b. Penilik menetapkan Narasumber dari Mitra untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) guru pembina.

c. Penilik melanjutkan dengan kegiatan Jejaring melalui Bimtek guru pembina di tingkat PKG PAUD dengan melibatkan mitra sebagai narasumber.

d. Penilik memberikan motivasi dan membangun pemahaman tugas dalam melaksanakan strategi jejaring guru pembina sesuai dengan jadwal pelaksanaan. 

e. Penilik melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang berkompeten diantaranya yaitu kepala Korwil Pendidikan Kecamatan, Kepala Satuan PAUD, Pengawas TK, ketua PKG PAUD, ketua Gugus PAUD dan ketua organisasi mitra.

3. Pelaksanaan (Actuating)

Implementasi pembimbingan dengan strategi jejaring dilaksanakan dengan teknik silang dan rotasi Guru Pembina dan PAUD Inti dan Jejaring Gugus, PKG PAUD dan Mitra. Sedangkan penilik melakukan fungsi pengendalian mutu dengan pendekatan supervisi secara berkelanjutan menyangkut pencapaian standar dan progres kegiatan yang dilakukan.  Jejaring dibangun mengikuti alur/peta gugus PAUD yang ada. 

Berikut penulis uraikan langkah masing-masing penerapan kedua strategi jejaring sebagai berikut:

a. Jejaring Guru Pembina dan PAUD Inti 

Teknik yang digunakan adalah silang (cross) dan rotasi (rotation) guru pembina dengan tujuan untuk meningkatkan mutu melalui pertukaran informasi dan pengalaman secara langsung. 

Persilangan dilaksanakan oleh guru pembina yang berkompetensi hasil dari supervisi (klasifikasi A dan B) sedangkan guru PAUD yang memiliki (klasifikasi C dan D) sebagai guru sasaran. Pertimbangan pendukung persilangan adalah mutu kelembagaan PAUD (klasifikasi A dan B) sebagai PAUD inti sedangkan satuan PAUD (klasifikasi C dan D) sebagai satuan PAUD imbas. Penilik berperan mendesain dan melakukan supervisi selama pelaksanaan persilangan dan rotasi guru pembina. 

Tahapan yang dilaksanakan pada strategi jejaring guru pembina dan PAUD inti sebagai berikut.

1) Penilik melakukan koordinasi dengan guru pembina dan pengelola satuan PAUD untuk menjamin pelaksanaan jejaring.

2) Guru pembina melaksanakan kegiatan jejaring (silang dan rotasi) sesuai dengan jadwal dan pedoman.

3) Penilik melakukan supervisi mutu selama pelaksanaan proses jejaring.

4) Penilik menyusun dan menyampaikan laporan hasil supervisi kepada Dinas Dikpora Kabupaten Bima.

b. Jejaring Gugus, PKG dan Mitra

Jejaring gugus, PKG PAUD dan mitra merujuk pada fungsi gugus PAUD dan PKG sebagai wadah peningkatan mutu utamanya dalam hal penyamaan persepsi, pertukaran informasi dan pengalaman dalam memecahkan masalah peningkatan mutu guru, KBM dan Satuan. Selain itu gugus PAUD dan PKG menyentuh langsung keberadaan guru maka keberadaan gugus menjadi wadah pembinaan kinerja guru yang lebih efektif dan efisien. Keterhubungan peran pada penerapan jejaring gugus dan kemitraan dapat digambarkan sebagai berikut. Adapun langkah-langkah pelaksanaan Jejaring Gugus, PKG dan Mitra sebagai berikut: 1) Penilik melakukan koordinasi dan konsolidasi kegiatan, 2) Penilik menghubungkan/membangun jejaring kemitraan dengan pihak-pihak yang berkompeten, 3) Penilik melaksanakan kegiatan pembinaan, pembimbingan bersama GTK Pembina dan Mitra dan 4) Melakukan evaluasi bersama. 

4. Pengendalian (Controlling) 

Pada tahap penilaian dan pengendalian mutu dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a) Penilik melakukan pemantauan dan penilaian secara terus menerus selama proses berlangsung untuk mengetahui pencapaian perkembangan kegiatan khususnya peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik guru PAUD. 

b) Penilik mendorong dan memfasilitasi pelaksanaan evaluasi diri (self evaluation). 

c) Evaluasi bersama penganggaran secara partisipatif, transparan dan akuntabel. 

d) Merumuskan pengembangan program dan menyusun rencana tindak lanjut.

HASIL YANG DICAPAI

Dari berbagai rangkaian kegiatan perencanaan dengan beberapa teknik dan metode pengumpulan informasi yang dilakukan baik melalui pemantauan, pengamatan/observasi, FGD maupun wawancara maka dihasilkan peta mutu PAUD. Hasil ini merupakan acuan penting bagi penilik untuk menyusun peta program pembimbingan secara efektif dan efisien. Selain tersusunya peta mutu sebagai acuan merumuskan kegiatan pembimbingan khususnya dalam penerapan jejaring, juga terbangun koordinasi dan kerjasama antara supervisor dan guru PAUD. Lebih lanjut dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) GTK Pembina dan pengelola satuan PAUD. Kegiatan ini dibina langsung oleh Penilik, Kepala Seksi PAUD Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, Ketua Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kabupaten Bima, Ketua HIMPAUDI Kabupaten Bima dalam rangka memberikan penguatan kompetensi bagi Guru Pembina dalam pelaksanaan pembelajaran dan membantu membimbing Guru Sasaran melalui kegiatan Jejaring dalam upaya peningkatan mutu guru PAUD khususnya kompetensi profesional dan pedagogik serta membangun karakter. 

1. Supervisi Mutu

Bertolak dari pelaksanaan pembimbingan melaui supervisi mulai dari perencaan pengendalian, pelaksanaan pemantauan, pembimbingan dan pembinaan, evaluasi dan penilaian yang dilakukan oleh penilik yang ditunjang oleh kegiatan Jejaring menunjukan adanya peningkatan mutu guru PAUD secara signifikan khususnya standar yang mempengaruhi kompetensi profesional dan pedagogik. Hasil kegiatan yang diperoleh berupa data, dokumen dan informasi-informasi yang diperoleh sebagai hasil dan acuan dan rencana tindak lanjut peningkatan mutu melalui penerapan pembimbingan yang efektif. Disamping itu menjadi bahan refleksi pihak-pihak yang berkepentingan dengan PAUD khususnya guru dan penilik sebagai ujung tombak peningkatan mutu. 

Kemudian selain hasil diatas, juga guru PAUD termotivasi untuk meningkatkan kualifikasi akademik dan melalui pencapaian indikator kompetensi sebagai guru PAUD sesuai dengan standar guru PAUD. Dari komponen proses guru PAUD mampu menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran, memahami dan melaksanakan prinsip pengembangan pembelajaran, pengorganisasian dan pelaksanaan, serta memahami dan mampu melakukan penilaian pembelajaran dari teknik, prinsip, proses, pengelolaan hasil dan tindak lanjut hasil penilaian.  

2. Jejaring Mutu 

a. Jejaring Guru Pembina dan PAUD Inti

Strategi ini mampu membangun suasana saling belajar antara guru dan satuan PAUD untuk meningkatkan kompetensi dan mutu, dimana Guru Pembina mampu memberikan contoh dan pembimbingan secara langsung bagi Guru Sasaran dalam meningkatkan mutu. Disamping itu juga menjadi bahan pembanding keunggulan dan kelemahan antara guru dan antar satuan PAUD. Terjadinya interaksi guru dengan satuan PAUD yang berbeda akan semakin memperkaya informasi dan pengalaman sehingga guru bisa terus mengembangkan kemampuan dalam meningkatkan mutu.

Kesinambungan dan peningkatan frekuensi kegiatan persilangan dan rotasi akan semakin menjamin akselerasi peningkatan mutu guru, peningkatan kualitas KBM maupun mutu kelembagaan PAUD. 

b. Jejaring Gugus, PKG dan Mitra

Penilik mengarahkan layanan dan penanganan yang dilakukan sesuai dengan Pedoman Pembinaan Gugus PAUD yang disadur Penilik. Pedoman ini dapat dijadikan rujukan bagi para pengurus gugus PAUD dan pembina teknis dalam mengembangkan dan memfasilitasi gugus PAUD sesuai dengan potensi dan kondisi wilayahnya. Untuk itu penilik melakukan pembimbingan atau pembinaan di Gugus PAUD, PKG maupun personal guru dibantu oleh Guru Pembina. 

Dengan keragaman latar belakang kemampuan guru, layanan dan potensi kelembagaan menjadikan program gugus PAUD menjadi wadah pendukung peningkatan mutu KBM. Penilik sebagai pembina langsung program gugus dan PKG PAUD kecamatan melakukan kordinasi dan kerjasama dengan jejaring kemitraan yang relevan dengan materi dan agenda pertemuan gugus dan PKG PAUD. 

Berikut kami uraikan beberapa hasil kegiatan pembinaan dan pembimbingan guru melalui Jejaring Gugus, PKG dan Kemitraan yaitu: 1) Pembimbingan perangkat kurikulum dan strategi pembelajaran, 2) Pembimbingan teknik penilaian dan evaluasi diri berbasis TIK, 3) Pembinaan dan penguatan pemahaman pada regulasi, kebijakan dan informasi PAUD, 4) Pembimbingan melalui penyediaan sumber belajar berbasis TIK, 5) Pembimbingan melalui fasilitasi materi dan referensi pembelajaran, 5) Pembimbingan dalam mendorong kreatifitas cipta sumber belajar lokal, 6) Pembinaan dan penguatan kapasitas guru PAUD melalui jejaring mitra dengan Dinas Dikpora Kabupaten Bima, dan 7) Pembinaan guru PAUD melalui jejaring mitra dengan Forum PAUD Kabupaten Bima dan Organisasi Mitra (IGTKI dan Himpaudi). 

Sebagai alternatif pengembangan kegiatan yaitu langkah tindak lanjut untuk mencapai hasil dan dampak yang optimal yaitu sebagai berikut: 1) Study Banding di PAUD Percontohan terdekat, 2) Diseminasi pembingan dengan strategi Super-Jejar, 3) Pengaturan partisipasi diklat peningkatan kompetensi guru PAUD, 4) Memberikan penghargaan bagi guru PAUD berprestasi, kreatif dan inovatif, dan 5) Pembimbingan administrasi kelembagaan Satuan PAUD.

PENUTUP

Kesimpulan berdasarakan uraian karya nyata ini yaitu pembimbingan guru dengan strategi Jejaring merupakan strategi yang dilaksanakan dengan sistematis, mudah dan bersinergi. Pembimbingan dengan strategi Jejaring memberikan hasil yaitu adanya peningkatan mutu guru PAUD khususnya kompetensi profesional dan pedagogik, memberikan dampak positif yaitu meningkatnya motivasi, kemandirian dan kesejahteraan guru PAUD, dan kendala utama yang dihadapi dalam pelaksanaan pembimbingan dengan strategi Jejaring yaitu keterbatasan waktu pembinaan dan pembiayaan, sedangkan fakktor pendukung yaitu tingginya komitmen, dukungan dan partisipasi aktif semua pihak serta ketersediaan bahan dan referensi yang representatif mampu menunjang pelaksanaan pembimbingan. 

Adapun tindak lanjut yang bisa disampaikan yaitu perlu adanya penguatan konsep dan pengembangan strategi dan model sebagai panduan penerapan pembinaan guru yang efektif dari berbagai strategi dan aspek pendekatan, sehingga diharapkan dapat didiseminasikan oleh semua guru PAUD, satuan PAUD, dan pemangku kepentingan dalam mendorong peningkatan mutu KBM pada satuan PAUD.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim, 2006, Undang-Undang Sistem Pendidikan   Nasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anonim, 2010, Salinan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya. Jakarta.

Depdikbud, 2012, Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini.

Depdikbud, 2014, Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini.(***).

Continue reading...

Tiga Cabor Dari NTB Siap Berlaga di PON 2024


MATARAM-NTB, Media Dinamika Global.Id | 
Tiga cabang olahraga (cabor) dari Nusa Tenggara Barat (NTB), yaitu angkat besi, muaythai, dan panjat tebing, siap berlaga di Kluster Aceh pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Ketiga cabor ini telah menyelesaikan technical meeting (TM) sebagai bagian dari persiapan akhir menjelang pertandingan.

Pelatih kepala muaythai NTB, Indra Gunawan, menyatakan bahwa tim muaythai sudah siap bertanding. "Kami sudah menyelesaikan TM dan siap bertanding. Kami berusaha memberikan hasil terbaik untuk NTB," ungkap Indra. la juga menegaskan bahwa tim muaythai tidak gentar menghadapi lawan mana pun di PON XXI, mengingat mereka telah menjalani persiapan intensif melalui pemusatan latihan daerah (pelatda) selama enam bulan terakhir.

Sementara itu, cabor angkat besi menyelesaikan TM lebih awal pada hari Selasa, 3 September. Berdasarkan hasil TM tersebut, pertandingan angkat besi akan dimulai pada Rabu, 4 September. Namun, kelas 87kg putri, yang akan diikuti oleh atlet NTB Febriana Wahyuningsih, dijadwalkan pada Selasa, 10 September.

Di sisi lain, cabor panjat tebing baru melaksanakan TM pada hari ini pukul 16.00 WIB. Tim panjat tebing NTB, yang terdiri dari enam atlet, menargetkan untuk memberikan penampilan terbaik mereka. Para atlet telah melakukan persiapan yang maksimal dan berkomitmen untuk berkontribusi bagi prestasi NTB di ajang PON XXI.

Dengan persiapan yang terukur dan fokus, ketiga cabor NTB ini optimis menghadapi kompetisi di Kluster Aceh dan berharap dapat meraih hasil yang membanggakan.

(Surya Ghempar).

Continue reading...

Tiga Cabor Dari NTB Siap Berlaga Di PON 2024


MATARAM-NTB, Media Dinamika Global.Id | 
Tiga cabang olahraga (cabor) dari Nusa Tenggara Barat (NTB), yaitu angkat besi, muaythai, dan panjat tebing, siap berlaga di Kluster Aceh pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Ketiga cabor ini telah menyelesaikan technical meeting (TM) sebagai bagian dari persiapan akhir menjelang pertandingan.

Pelatih kepala muaythai NTB, Indra Gunawan, menyatakan bahwa tim muaythai sudah siap bertanding. "Kami sudah menyelesaikan TM dan siap bertanding. Kami berusaha memberikan hasil terbaik untuk NTB," ungkap Indra. la juga menegaskan bahwa tim muaythai tidak gentar menghadapi lawan mana pun di PON XXI, mengingat mereka telah menjalani persiapan intensif melalui pemusatan latihan daerah (pelatda) selama enam bulan terakhir.

Sementara itu, cabor angkat besi menyelesaikan TM lebih awal pada hari Selasa, 3 September. Berdasarkan hasil TM tersebut, pertandingan angkat besi akan dimulai pada Rabu, 4 September. Namun, kelas 87kg putri, yang akan diikuti oleh atlet NTB Febriana Wahyuningsih, dijadwalkan pada Selasa, 10 September.

Di sisi lain, cabor panjat tebing baru melaksanakan TM pada hari ini pukul 16.00 WIB. Tim panjat tebing NTB, yang terdiri dari enam atlet, menargetkan untuk memberikan penampilan terbaik mereka. Para atlet telah melakukan persiapan yang maksimal dan berkomitmen untuk berkontribusi bagi prestasi NTB di ajang PON XXI.

Dengan persiapan yang terukur dan fokus, ketiga cabor NTB ini optimis menghadapi kompetisi di Kluster Aceh dan berharap dapat meraih hasil yang membanggakan.

(Surya Ghempar).

Continue reading...

Seluruh Babinsa 1608-01/Rasanae Hadiri Rapat Pleno Terbuka DPSHP


Kota Bima. Media Dinamika Global-id. Anggota Babinsa Koramil 1608-01/Rasanae Se-Kota Bima di 41 Kelurahan serentak menghadiri acara Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Serta Walikota dan Wakil walikota Bima Tahun 2024. Sabtu, (07/09/24)

Kegiatan Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tersebut dilaksanakan oleh tiap-tiap PPS di 41 Kelurahan Se-Kota Bima.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP yang dilakukan oleh Panitia sebagai langkah atau upaya untuk melakukan pencocokan data dari petugas perbaikan data pemilih dengan panitia pemungutan suara.


Dalam kesempatan ini, tentunya kehadiran pihak-pihak TNI sebagai aparat kewilayahan, akan memberikan rasa aman serta mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak maupun Pilkada Kota Bima tahun 2024 nanti.

Selain mendukung program pemerintah dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak, sinergitas yang dilakukan oleh seluruh Babinsa Koramil 1608-01/Rasanae hari ini sangat mendorong dalam mensukseskan serta memperlancar persiapan Pilkada 2024.


Selaku aparat teritorial, juga terus memberikan himbauan serta mengajak seluruh petugas maupun seluruh lapisan masyarakat, agar selalu bersama-sama mengawal suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak yang sebebtar lagi akan dilaksanakan.

Meski keterlibatan Aparat Keamanan dalam hal ini Anggota Babinsa Koramil 1608-01/Rasanae dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada, tentunya netralitas dan profesionallisme tetap menjadi hal yang utama untuk ditekankan, hal ini akan sangat baik dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap tugas TNI dalam menjaga kondusifitas Pilkada serentak maupun Pilkada Kota Bima, sehingga Pilkada bisa terlaksana dengan aman, damai, dan sukses. (MDG 023).

Continue reading...

Pisah Sambut Komandan Posal Bima, PJ Walikota Bima Hibahkan Speed Boad dan Berikan Cindera Mata.

 




KOTA BIMA. Media Dinamika Global.Id_ Penjabat Walikota Bima Drs. H. Muhtar Landa, SH.MH., menghadiri acara pisah sambut Komandan Pos Angkatan Laut (Posal) Bima bertempat di Kantor TNI AL Lingkungan Amahami Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima. Jumat, (6/9/2024) Pukul 19.30 WITA. 


Acara Pisah Sambut Danposal Bima antara Pejabat lama Lettu Laut (T) Syamsuddin kepada pejabat baru Lettu Laut (T) Ismadi tersebut dihadiri oleh PJ. Walikota Bima Drs H. Muhtar Landa SH.MH.Msi., Pjs Sekda Drs Supratman., Asisten 2 Pemkot Bima Drs H. Tafsir., Danramil 1608-01/Rasanae Kapten Inf. Seninot Sribakti., Kaban Kesbangpol Kota Bima Muhammad Hasyim, S.Sos., S.H., M.Ec., Dev., Kadis BPBD Kota Bima Gufran Spd.M.Si., Kapolsek Kp3 Laut Kawasan Pelabuhan Bima Iptu Kunto Prakoso, S., Lurah Dara Hj Nurkomalasari SE., BM PT Pelindo Bima diwakili bapak popy., Kacab PT Pelni Cab Bima Agus., Kacab PT Berlian Lautan Sejahtera Bima diwakili Wilfridus Wiliam., Pejabat Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima., Bhabinkamtibmas Kelurahan Dara BRIPKA Ramlin., Pimpinan Media Sergap.Co.id Perwakilan NTB Sukirman Obama., Pimpinan Media Dinamika Global H. Abdul Hafid Musa SH., 


Mantan Danposal Bima yang lama Lettu Laut (T) Syamsuddin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas segala dukungan dan kerjasamanya selama ini. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf kepada Pemerintah kota bima serta lembaga Mitra kerja apabila selama menjabat terdapat kekhilafan tutur kata dan perilaku yang kurang berkenan. Ucapnya. 


"Tidak terasa 11 bulan lamanya saya bertugas Komandan Angkatan laut Bima dan sekarang di ganti oleh pejabat yang baru. Atas dukungan dan doa keluarga besar kota bima saya mendapat kenaikan pangkat Kapten Laut (T) dan menjabat Danunit Intel Angkatan laut, dan kami mohon pamit", ujarnya. 


Menutup sambutannya Lettu Syamsudin mengucapkan Selamat bertugas kepada Pejabat yang baru Lettu Laut (T) Ismadi, semoga sukses. 


Selanjutnya perkenalan diri pejabat baru Danposal Bima Lettu Laut (T) Ismadi, dalam sambutan mengucapkan terimakasih atas penyambutan yang begitu hangat Bapak PJ walikota Bima beserta seluruh jajaran. Ujarnya. 


"Saya akan melanjutkan program yang sudah di Canangkan oleh Pimpinan yang lama. Dan pada malam hari ini saya mohon dengan hormat kepada Bapak PJ Walikota Bima agar senantiasa mendukung kami", harapnya. 


Kemudian, Sambutan Bapak PJ Walikota Bima Drs. H. Muhtar Landa SH. MH. M.Si menyampaikan terimakasih kepada Mantan Danposal Bima Lettu Syamsuddin atas dedikasinya selama menjabat. 


"Atas nama pemerintah kota bima mengucapkan selamat dan sukses kepada Bapak Lettu Laut (T) Syamsuddin di tempat yang baru, dan selamat pula atas kenaikan pangkatnya dari Lettu naik Kapten", Pungkasnya. 


Mengingat Posal Bima ini mencakup keseluruhan perairan Kota Bima dan Kabupaten Bima dibutuhkan adanya sarana dan prasarana penunjang. Untuk menunjang operasional Pos Angkatan Laut (Posal) Bima Pemerintah Kota Bima menghibahkan Satu Unit Speed Boad. 


"Kami Hibahkan satu unit Speed Boad Untuk kegiatan operasional Posal Bima", tandas PJ Walikota Bima. 


Selanjutnya PJ Walikota Bima Drs. H. Muhtar Landa SH. MH. M.Si dan Pjs Sekda Kota Bima Drs Supratman memberikan cindera mata sebagai kenangan untuk Mantan Danposal Bima Lettu Laut (T) Syamsuddin.(*)

Continue reading...

Wakili Danramil,Bati Tuud Koramil 1608-03/Sape Hadiri Rapat Pleno BPP Di SMAN 1 Sape


Sape Bima.NTB.Media Dinamika Global.id Sabtu 07 September 2024 sekitar mulai pukul 09.30 wita, Bati Tuud Koramil-03/Sape, Serma Binhamtoro, Mewakili Danramil, 

Menghadiri Acara Rapat Pleno BPP SMA N 1 SAPE Bersama Wali Siswa Kelas X, XI, XII Tahun Ajaran 2024/2025, Bertempat di Ruangan  Laboraturium SMA N 1 Sape.

Adapun yang hadir saat kegiatan berlangsung :

- Bpk Camat Sape 

- Kepala Sekolah SMA N 1  SAPE

- Ketua Komite SMA N 1 SAPE beserta Pengurus nya.

- Kepala Pengawas Kabupaten Bima

- Wakasek SMA N 1 SAPE

- Pengawas Tingkat SMA.

- Seluruh Wali Murid Siswa/Siswi SMA N 1 SAPE.

Kegiatan berakhir pada pkl 11,50 wita, 

dalam keadaan tertib aman dan lancar. 

(Arif Sp/MDG.04)

Continue reading...

Warga Kolo Sambut Pasangan AMANAH Dengan Meriah.

 

Warga kolo kecamatan Asakota saat menyambut kedatangan H.Rum dan Umi Innah.

Kota Bima. Media Dinamika Global.Id_Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT dan Hj. Mutmainnah Haris, SH (Aji Rum-Umi Innah) atau disingkat AMANAH hari ini Sabtu 7 September 2024 melakukan silaturrahim dengan Ratusan Warga Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima.

Momentum Silaturrahim itu nampak H. Mohammad Rum mengenakan rompi kuning dan topi putih. Sementara Mutmainnah mengenakan baju, jilbab putih dan celana jeans.

Warga Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota antusias sambut kedatangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima Aji Rum dan Umi Innah dengan penuh haru dan ke akraban.

Tiba di Kelurahan Kolo pagi, Aji Rum dan Umi Innah dikerumuni oleh warga yang sudah menunggunya sembari meneriakkan Aji Rum Umi Innah Menang, AMANAH menang.

Pada kesempatan itu, H. Mohammad Rum menyampaikan terimakasih kepada warga Kolo yang begitu antusias menyambutnya beserta calon wakilnya Mutmainnah di Pilkada 2024.

Gelombang gerakan menuju Kota Bima Baru 2024 semakin tak terbendung lagi. Pasalnya, dimanapun paslon AMANAH turun selalu ramai dan antusias warga menyambut kedatangan mereka berdua.

Dengan melihat gelombang gerakan masyarakat yang menginginkan Kota Bima Baru terwujud, bukan tidak mungkin yang akan memenangkan pilwalkot Bima 2024 adalah Paslon AMANAH.

Warga Kota Bima sebagian besar mengharapkan Walikota Baru dengan cara memenangkan Aji Rum dan Umi Innah. (***)

Continue reading...

Korwil Pendidikan Soromandi Laksanakan Supervisi Di 33 PAUD


Bima NTB. Media Dinamika Global. Id.-Dalam rangka menjamin mutu PAUD berkualitas, Korwil Pendidikan Soromandi akan menjangkau semua layanan PAUD baik layanan Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain (KB) dan Satuan PAUD sejenis selama bulan Agustus 2024. Supervisi ini melibatkan Penilik PAUD dan Pengawas TK/SD.

Ditempat terpisah Korwil Soromandi H. Fahris, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa Supervisi ini bertujuan untuk memacu lembaga PAUD dan PKBM yang ada di kecamatan soromandi mencapai delapan standar Nasional Pendidikan khususnya standar proses, standar isi, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan dan standar penilaian. H. Fahris juga menambahkan bahwa semua lembaga di soromandi sudah terakreditasi dengan hasil baik. Alhamdulillah kami syukur untuk itu" ujar beliau.

Supervisi dilaksanakan oleh Tim yang sudah dibentuk oleh Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima melalui Pokja pengawas yaitu dikomandai oleh Korwil Pendidikan langsung, selanjutnya dari unsur Pengawas H. Yasin, S.Pd dan Aswan, S.Pd. yang akan melakukan supervisi TK ditambah dengan Arifuddin, S.Pt yang bertugas di PAUD Non Formal dan PKBM.

H. Yasin mengungkapkan bahwa sejauh ini kami sudah berjalan melakukan supervisi di 10 lembaga TK dan PAUD, sisanya akan kami tuntaskan dalam sampai akhir bulan Agustus ini. Beliau menambahkan hasil supervisi ini akan disampaikan ke Dinas Dikbudpora sebagai bahan evaluasi dan rencana tindak lanjut ke depan.

PAUD yang ada di Kecamatan Soromandi semua sudah memiliki gedung sendiri yang siap melayani anak usia dini dengan baik. Semoga kedepan pemerintah memberikan sarana tambahan untuk bermain, mendistribusikan tenaga P3K ke PAUD-PAUD yang ada, memfasilitasi program peningkatan kualifikasi akademik bagi pendidik yang masih SMA dan meningkatkan pelaksaan diklat peningkan kompetensi profesional bagi guru PAUD.

Menutup percakapan H.Fahris mengharapkan dukungan semua pihak dalam menjamin PAUD Berkualitas dengan dukungan Pemerintah Desa, Tokoh Agama, Bunda PAUD Kecamatan dan Desa, Tokoh Pemuda dan Perempuan dan semua pihak yang bisa kami sebutkan satu persatu. InsyaAllah PAUD Soromandi ke depan bisa menjadi lembaga-lembaga terbaik sebai tempat yang aman, nyaman dan bersahaja bagi generasi penerus Soromandi. Aamiin ya robbal Aalamin.(***)

Continue reading...

Bupati Bima Hadiri Pembukaan STQ Tingkat Kecamatan Sape


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Pawai Ta'ruf Kafilah dari seluruh desa, sekolah, dan instansi serta peserta yang dipandu Marching Band SMAN 1 Sape menandai dimulainya kegiatan Seleksi Tilawah Qur'an (STQ) Ke-33Tingkat kecamatan Sape Tahun 2024 yang berlangsung Jumat malam (06/09/24) di Arena Utama STQ Lapangan Desa Kowo-Sape. 

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE., M.IP yang didampingi Wakil Bupati Drs. H. Dahlan M. Noer, para Kepala OPD Pembina, Camat Sape M. Akbar SP, M.Si dan Kabag Lingkup Setda saat membuka STQ dalam sambutannya secara khusus memberikan apresiasi atas kiprah Kecamatan Sape dalam setiap penyelenggaraan kegiatan keagamaan khususnya tilawah. 

Dalam pembukaan STQ yang juga dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Bima Dapil Sape-Lambu Periode 2019-2024, dan yang terpilih (2024-2029), Muspika, para Kepala Desa, Kepala sekolah, kepala UPT dan majelis taklim yang menghadiri Pembukaan STQ  

Bupati mengungkapkan, "pada setiap momen penyelenggaraan kegiatan MTQ dan STQ, kecamatan Sape merupakan lawan tangguh bagi kecamatan lainnya. Saya berharap ini dapat dipertahankan dan terus tingkatkan upaya pembinaan mulai dari usia dini hingga tingkat dewasa.

“Ini merupakan agenda strategis Dinda - Dahlan yang pada awal periode sampai pada akhir periode kepemimpinan telah menjadi visi dan pilar membangun bidang keagamaan. Mudah-mudahan akan terus dilanjutkan pada bupati dan wakil bupati terpilih kabupaten Bima selanjutnya.” Ungkap Bupati IDP dalam sambutan yang diawali penyerahan Al Qur’an kepada Camat Sape dan Bantuan Rp 10 juta kepada Ketua Panitia Pelaksana STQ Sape.


Menutup sambutannya dihadapan 47 Dewan Hakim yang sebelumnya dilantik Oleh Camat Sape, Bupati Bima yang hadir Bersama Wakil Bupati Bima menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sape atas do’a dan dukungan yang selalu diberikan dalam 2 periode masa kepemimpinan Dinda-Dahlan.

Ketua Panitia Subhan H. Ismail, S.Pd.I dalam penyampaiannya mengatakan, penyelenggaraan STQ ditujukan bagi tumbuhnya nilai-nilai Al-Qur'an pada setiap jiwa khususnya generasi Islam demi kebahagiaan dan keselamatan hidup., serta sarana dan wadah lanjutan pembekalan diri dalam mempersiapkan qori-qoriah, hafidz-hafidzah terbaik dari kecamatan Sape.

"STQ tahun ini akan berlangsung selama 7 hari hari Sejak STQ ini dibuka, dengan 11 jenis mata lomba dengan empat kategori Tilawah, Tahfiz, Qira’ah, dan Qasidah dengan total 254 peserta". Jelasnya. (MDG 023)

Continue reading...